Minggu, 10 September 2017

APA ITU MESIN PROOFER ???

Apa itu mesin proofer???

Kali ini coba saya angkat informasi teknologi seputar mesin-mesin bakery yang berkaitan dengan mesin proofer. Sebelum saya ulas lebih jauh sedikit kita coba melihat kebelakang bagaimana cara orang tua kita jaman dahulu melakukan proses pengembangan adonan roti. Pada jaman dahulu adonan roti yang telah dibentuk diistirahatkan diatas meja dengan cara diselimuti kain yang sudah dibasahi sebelumnya. Dalam kurun waktu tertentu roti akan mengembang sampai dengan besar yang diinginkan.

Lantas yang jadi pertanyaan, ada apa dibalik kain yang sudah dibasahi tadi??. Mengapa adonan roti bisa mengembang dengan cara tersebut?? Kali ini akan saya coba ulas secara gamblang.



Adonan roti yang menggunakan tepung terigu protein tinggi telah bercampur didalamnya unsur air, margarin, garam, gula, ragi dan susu. Ragi yang merupakan makhluk hidup bekerja pada adonan menghasilkan gas yang akan mendorong gluten dari terigu ke segala arah. Proses ini akan membentuk serat roti dan merubah ukuran adonan menjadi lebih mengembang dari sebelumnya.
Adonan akan mengembang dengan sempurna jika suhu ruangan dan kelembabannya terjaga dengan baik, Kisaran suhu ruang antara 30-35 derajat celcius dan humidity ruangan antara 70-80%. Dengan menutup adonan dengan lap basah adalah salah satu cara untuk mengkondisikan adonan pada suhu dan kelembaban idealnya. namun cara ini adalah cara kira-kira. Karena lap basah tidak mampu mengkondisikan suhu dan kelembaban secara akurat.

Teknologi terus berkembang. Lahirlah mesin Proofer yang berfungsi sebagai kabinet yang mengkondisikan suhu dan kelembaban dalam ruang yang ideal untuk adonan. Dalam sebuah proofer yang standard untuk produksi terdapat 2 parameter yang dikontrol secara digital atau analog. Dengan menggunakan Temperatur Control berbasis teknologi Electro Mechanical Control , heater udara dan heater air dikontrol secara otomatis untuk menjamin suhu dan kelembaban yang tetap terjaga. Dua sensor juga melengkapi mesin ini untuk pembacaan yang akurat. Sensor Udara dan Sensor Kelembabab. Agar sebaran panas dan kelembaban merata ke seluruh ruangan cabinet, mesin ini dilengkapi dengan blower yang mengatur sirkulasi udara di dalamnya

Lantas apa yang menjadi keunggulan menggunakan mesin proofer jika dibandingkan dengan mengembangkan adonan dengan cara atau alat manual?? Jawabannya satu. Adonan akan mengembang dengan sepurna dengan hasil serat dan kualitas roti yang maksimal.

Salam



Heru Jatmiko
ASTEK Mesin Bakery
0812 9705 9820

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Pengoperasian Planetary Mixer 20 Liter

Heru Jatmiko menulis: Berjumpa kembali dengan kami ASTEK Mesin Bakery, kali ini saya akan menjelaskan cara pengoperasian mesin Planetary...